Rabu, 15 Juli 2015

Inilah Penyebab Terjadinya Bau Kaki

Kepercayaan diri setidaknya akan mengendor jika kita memiliki masalah dengan bau kaki, selain itu akan mengakibatkan orang sekitar menjadi merasa tidak nyaman. Pertanyaannya adalah Apasih penyebab bau kaki itu?

penyebab-bau-kaki_326544

Bau kaki terjadi karena adanya bakteri yang menetap pada permukaan kulit sepatu yang memakan keringat pada kaki, bakeri tersebut juga akan memproduksi zat asam sehingga akan membuat bau kaki menjadi tidak enak.

Kenapa manusia bisa memiliki bau kaki


Bau kaki bisa terjadi pada manusia karena tubuh manusia ditutupi oleh kelenjar yang bermanfaat untuk menurunkan suhu badan disaat cuaca sedang panas. Ada beberapa bagian dari tubuh yang memiliki konsentrasi kelenjar keringat yang tinggi daripada bagian tubuh yang lain yaitu kaki.
Menurut American Chemical Society, Keringat kaki pada umumnya tidak berbau, namun memiliki peran besar menyebabkan bau.

Ada yang berpendapat mengenakan kaos kaki saat memakai sepatu akan mengurangi terjadinya bau kaki. Pendapat ini sebenarnya keliru, justru penggunaan kaos kaki menjadikan kulit kaki menjadi susah untuk bernafas dan mengakibatkan kaki menjadi lembab sehingga memudahkan bakteri untuk berkembang biak.

Bakteri yang mengumpul pada kaki akan menebarkan gas berbau yang sangat menyengat. Gas yang dikeluarkan itu menjadi aroma kaki berbau tidak sedap. Bakteri yang mengeluarkan gas pada kaki terdapat 3 jenis, yaitu methanethiol, propanoic acid, dan isovaleric acid.

Methanethiol membuat kaki berbau seperti belerang dan keju, dan itu diproduksi dari kulit mati. Isovaleric acid juga menebarkan aroma seperti keju dan tengik seperti cuka. Sementara propanoic acid memiliki bau kecut.

Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Kaki?


Tidak mudah memang dalam menghilangkan bau kaki. Hal tersebut karena berkaitan dengan factor keringat, sel kulit mati, dan bakteri. Akan tetapi kita bisa meminalisir dengan cara mencuci kaki menggunakan sabun antibakteri dan mengelupas sel kulit yang mati menggunakan scrub secara teratur.

Sebaiknya ganti kaos kaki setelah anda selesai gunakan dan pilihlah kaos kaki berbahan katun agar mudah meresap keringat yang menjadi penyebab terbesar terjadinya bau kaki.

Referensi artikel WajahAyu.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar